Rabu, September 16, 2009

Makna idul fitri

Hari raya idul fitri atau yang dikenal dengan nama lebaran merupakan suatu hari besar yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Pada hari itu seluruh umat muslim merayakan kemenangan setelah sebelumnya berperang melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Seluruh umat muslim pada hari yang fitri tersebut bagaikan kertas putih tanpa noda.
Dewasa ini idul fitri bagi sebagian besar masyarakat hanya dimaknai dengan baju baru, hidangan yang enak serta saling membagikan uang. Disamping itu yang lebih memprihatinkan lagi ada beberapa umat islam yg menggunakan momentum lebaran atau idul fitri sebagai ajang memamerkan kekayaan, jabatan dan kekuasaannya.
Tapi makna idul fitri yang sebenarnya adalah kembalinya kesucian umat muslim atas semua kesalahan. Sebagian besar masyarakat Indonesia akan saling bersilaturahmi dengan berkunjung ke rumah sanak saudara.
Melihat paradigma yang terjadi di masyarakat saat ini yang lebih cenderung memaknai lebaran dengan hal-hal yang berbau materi seharusnya membuat kita mengelus dada sebab di satu sisi kita merayakan idul fitri dengan menghambur-hamburkan harta tapi di sisi lain banyak saudara-saudara muslim kita yang di hari yang fitri ini masih belum bisa menikmatinya disebabkan karena kemiskinan dan kesejahteraan yang jauh di bawah standart.
Mulai sekarang mungkin kita bisa lebih memaknai idul fitri lebih dari sekedar menghambur-hamburkan harta. Mungkin kita harus tetap ingat kepada saudara-saudara muslim kita yang kurang beruntung..
Semoga kita tetap berada dibawah ridho-Nya. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar